Macam Macam Lem Kayu Kuat yang Ada di Indonesia

Lem kayu kuat – Produk lem kayu yang kuat memang sangat penting di pakai dalam industri pengolahan kayu. Kekuatan lem ini juga sangat berpengaruh pada keberhasilan proses pengolahan produk kayu misalnya seperti mebel. Bayangkan saja, bagaimana jika sambungan konstruksi mebel tidak kuat? Dan sebeberapapun indah finishing yang di gunakan, proses harus diulang sebab kegagalan dalam pengeleman. Kekeuatan lem kayu atau yang disebut Daya adhesiv ini merupakan istilah yang merujuk pada usaha yang dibutuhkan untuk melepas media yang dilem. Dapat dikatakan, kekuatan lem kayu ini ditentukan indeks kerusakan yang terjadi pada saat pemisahan tersebut dilakukan.

Dan untuk menentukan lem kayu kuat atau produk adhesiv yang kuat, ada beberapa cara yang dapat diaplikasikan. Tiga cara berikut ini bisa di pakai untuk mengetes daya adhesi lem PVAc atau lem putih dari berbagai merek pengujian kekuatan dari lem kayu.

3

  1. Cross Grain

Ini merupakan cara mengetes kekuatan lem dengan menggunakan tanpa konstruksi apapun. Caranya ialah dua batang kayu dilem dengan membentuk siku-siku dan dibiarkan sampai kering. Jika sudah, di bagian kayu yang tidak dilem diberi tekanan sampai tahap tertentu. Hal ini akan terlihat perbedaan ketahanan produk lem yang di pakai dari masing-masing merek yang diuji.

  1. Searah Serat

Potonglah kayu searah serat dengan sudut antara 15 sampai 20 derajat. Lakukanlah pengeleman di permukaan yang dipotong dan biarkanlah sampai mengering. Terapkanlah gaya untuk memisahkan antara kedua bagian yang dilem.

  1. Perendaman

Metode ini sangat cocok digunakan pada pengeleman kayu untuk outdoor. Misalnya seperti untuk mebel eksterior dan lantai kayu luar ruangan atau decking. Metode ini di gunakan dengan merendam sambungan kayu yang dilem. Selain itu, lem kayu ini menurut bahan pembuatnya, ada beberapa jenis lem kayu yang beredar di Indonesia. Apa saja? simak berikut ini :

  • Lem PVAc

Pertama ialah Lem PVA atau PVAc (Polyvinyl Acetate) yang merupakan jenis lem kayu yang paling banyak di jumpai di toko bangunan. Warnanya yang putih ini menjadikan lem ini biasa disebut dengan lem putih. Selain kayu, lem PVA ini juga dapat di pakai sebagai perekat koraltex, kain serta kertas. Beberapa orang juga memakai lem ini sebagai plamur untuk dinding rumah. Supaya daya tempelnya lebih kuat, pastikanlah anda membiarkan lem ini selama 10 menit sebelum menempelkan kedua permukaan kayu. Ada dua jenis lem PVAc pertama lem yang bisa dibersihkan memakai air dan lem yang anti air.

  • Lem Polyurethane

Adapun kelebihan dari lem yang dibuat dari bahan polyurethane ini ialah bisa diaplikasikan pada kayu interior dan eksterior rumah. Hal ini tidak terlepas dari daya tahan lem ini pada suhu dan juga kelembaban yang sangat tinggi. Penting untuk diperhatikan, bahwa permukaan kayu yang akan dilapisi oleh lem ini alangkah lebih baik dalam kondisi basah dan sesegera mungkin menempelkan kedua sisi permukaan kayu supaya sambungannya kian kuat.

  • Lem Alica Aibon

Apabila anda membutuhkan lem kayu serbaguna yang bisa di pakai untuk bahan plastik, particle board, karpet, kulit, beton serta logam, maka gunakanlah lem alica aibon. Rahasia yang ada dari lem ini sehingga bisa digunakan untuk berbagai material berada di komposisinya yang mengandung pelarut organik dan juga karet sintetis.

Demikian artikel terkait lem kayu kuat, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

 

Incoming search terms:

macam lem kayu (20)|macam macam lem kayu (12)|

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!