Cara Mudah Memilih Lem Kayu Untuk Keperluan Industri

Cara Mudah Memilih Lem Kayu Untuk Keperluan Industri

Lem kayu bagus – Lem merupkan bahan lengket yang berupa cairan yang bisa merekatkan 2 benda maupaun lebih. Adapun salah satu lem yang sering digunakan untuk aktifitas sehari-hari ialah lem kayu. Produk lem kayu yang kuat ini sangat penting di pakai dalam industri pengolahan kayu. Sebab kekuatan lem yang memang sangat berpengaruh pada keberhasilan proses pengolahan produk kayu misalnya seperti mebel. Ada beberapa lem yang lazim di pakai, dari sekian banyaknya produk lem atau perekat untuk kayu yang ada di pasaran. Untuk itu simak beberapa lem kayu bagus untuk dunia industri berikut ini :

4

  1. Lem Epoxy

Jenis Lem Perkat Kayu ini merupakan salah satu yang paling banyak di pakai dalam dunia industri. Jenis perekat kayu ini terdiri dari 2 komponen yakni Resin dan juga Hardener. Sifatnya ini ialah mengisi permukaan atau komponen yang di sambung. Selain itu mempunyai tekstur yang keras dan sangat kuat air dan bahan kimia dan juga tahan temperatur yang relatif tinggi. Adapun kekurangan dari bahan lem perekat kayu epoxy ini ialah mempunyai “glue line” atau  bekas lem yang cukup terlihat serta sifat kerasnya yang menjadi bumerang sebab bila permukaan komponen yang di sambung bergerak atau  menyusut sedikit saja maka lem nantinya akan pecah atau retak.

  1. Lem Putih atau PVAc

Selanjutnya jenis lem ini banyak di gunakan untuk kebutuhan indoor furniture maupun mebel untuk kebutuhan dalam ruangan. Dan untuk penggunaan luar ruangan produk lem putih PVAc ini juga sangat bagus setelah mendapat penambahan hardener yang menjadikannya kian kuat tanpa retak. Lem ini juga dapat di pakai untuk semua material yang memiliki permukaan berpori. Sifat dasarnya yang elastis dan dapat menyesuaikan pada perubahan cuaca atau Weather Reactance. Banyak pula di pakai dalam proses pelapisan Veneer dan seni Papercraft untuk mencapur plamur tembok. Adapun keistimewaan produk ini ialah tidak mempunyai glue line atau jejak bekas lem yang terlihat sebab saat lem ini mengering dia berwarna bening.

  1. Lem Busa atau Polyurethane

Mengapa di sebut lem busa atau kami orang jawa yang menyebut “unthuk”. Sebab saat sudah kering lem ini berbentuk busa maupaun foam. Lem ini berbahan dasar synthetic Polyurethane yang sangat kuat dan tahan pada cuaca. Selain itu lem ini banyak di pakai sebagai perekat sambungan Finger Joint serta butt joint pada industri mebel garden atau mebel luar ruangan sebab sifanya yang weather reactance dan mengisi rongga yang kosong di sambungan.

  1. Lem Super atau cyanocrylate adhesive

Alteco ini merupakan merk lem super yang mungkin pertama masuk ke dalam industri mebel jepara. Lem ini berbentuk cairan bening dengan glue line yang menyesuaikan residu bahan yang direkatkannya. Biasanya lem ini di gunakan untuk reparasi kerusakan kecil seperti retak kecil maupun cuil sedikit pada ujung produk. Kehadiran produk ini dapat menjadi penyelamat saat finishing produk mebel yang membutuhkan perbaikan dengan hanya sedikit waktu yang tersedia.

Itulah beberapa refrensi terkait lem kayu bagus yang bisa anda jadikan sebagai refrensi dalam memilih lem kayu untuk keperluan mebel anda. Dengan memilih lem kayu yang bagus pastinya anda juga akan mendapat hasil yang bagus pula. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!