Tips Memilih Lem Kayu Outdoor

Lem Kayu Outdoor – Kecantikan dan kualitas furniture taman ataupun garden furniture seperti kursi gazebo, bangku dan sebagainya membutuhkan bahan perekat yang baik. Lem kayu outdoor yang baik sudah melewati beberapa pengujian dan memberikan hasil yang sempurna sehingga direkomendasikan kepada Anda. Lem kayu outdoor memanfaatkan modifier yang membuatnya sangat kuat dan praktis digunakan.

30Dengan karakter yang aman, lem kayu outdoor yang baik sangat cocok dimanfaatkan dalam perekatan barang-barang outdoor yang “green” atau aman serta ramah lingkungan. Ingat, tak semua bahan adhesive mempunyai kriteria seperti ini. Banyak bahan perekat yang justru memiliki kandungan bahan seperti formalin dan timbal. Selain membahayakan, jenis perekat seperti ini juga dapat mengeluarkan bau menyengat yang tentunya akan menganggu aktivitas kita.

Pemilihan lem kayu outdoor harus dilakukan secermat mungkin. Tanpa kualitas yang memadai, maka peralatan bukan hanya berkualitas buruk namun bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Memilih adhesive yang tepat untuk peralatan anda sendiri bukan perkara sulit asalkan pengetahuan kita tentang persoalan ini cukup baik. Namun jika Anda masih awam dan membutuhkan pemahaman lebih jauh di bidang tersebut, berikut ini beberapa tips memilih lem kayu untuk furniture ataupun mebel:

Pertama, perhatikan fungsi spesifik pada lem. Semua lem kayu outdoor pasti memiliki fungsi merekatkan. Namun antar produk lem yang satu dengan lainya, dapat jadi memiliki manfaat spesifik berbeda misalnya lem kayu Crossbond X3 dan Crossbond X4 sama-sama bisa digunakan untuk mengelem kayu. Namun Crossbond X3 didesain spesifik untuk keperluan perekatan konstruksi kayu, sedangkan Crossbond X4 didesain secara khusus untuk keperluan laminasi kayu.

Terkait hal ini, Anda tak bisa menyamakan semua jenis lem dengan kriteria tanpa adanya konteks. Lem Crossbond X4 sebagai perekat laminasi merupakan contohnya. Produk tersebut didesain dengan lebih encer dari Crossbond X3 bukanlah karena kualitasnya lebih rendah. Namun agar bisa berfungsi baik ketika dimanfaatkan pada pembuatan lantai kayu,  multipleks (plywood) sampai panel kayu.

Ketahuilah standar aplikasi lem yang baik. Misalnya, ketika proses pengeringan, berapa lamakah waktu yang dibutuhkan agar produk lem kayu bisa disebut bagus? Jangan sampai Anda salah dalam beli produk lem kayu outdoor dengan kualitas di bawah standar industri woodworking.

Daya rekat dan ketahanan lem merupakan karakter utama yang dinilai pada produk adhesive. Namun sebaiknya Anda lebih spesifik dalam persoalan ini. Sebagai contoh, ketika Anda hendak memproduksi mebel yang diletakkan outdoor, Anda tentunya membutuhkan lem yang tahan cuaca, air dan panas. Berbeda dengan kasus jika Anda ingin memproduksi mebel interior yang berfungsi lebih untuk dekorasi.

Lem kayu outdoor yang bagus merupakan lem kayu yang dipatok dengan harga masuk akal. Namun untuk mengetahui apakah produk dihargai masuk akal atau tidak, Anda tak bisa hanya mengandalkan keterangan dari nominalnya saja. Perhatikan ongkos produksi dengan cara mencermati berat kering, cover area lem dan kualitasnya.

Anda mungkin mendapatkan pesanan untuk membuat produk-produk mebel outdoor yang aman dan juga ramah lingkungan. Sehingga pemilihan bahan-bahan pembuatan mebel outdoor itupun juga harus aman, tidak terkecuali lemnya. Produk lem kayu untuk mebel yang direkomendasikan karena sifatnya yang ramah lingkungan adalah lem water based yang tak mengandung formalin dan zat-zat yang membahayakan lainnya. Itulah informasi tentang tips memilih Lem Kayu Outdoor.

Tinggalkan Balasan