Mudah membuat lem kayu alami serta murah

Mudah membuat lem kayu alami serta murah

Lem kayu yang bisa digunakan atau dibuat dengan bahan alami ternyata cukup murah meriah, alami disini karena tidak mengandung ada bahan kimia yang berbahaya yang hasilnya tidak mengecewakan alias cukup kuat merekat. Hanya cukup menyediakan bahan yang sangat sederhana seperti :

1. Tepung terigu dengan ukuran 1/4 Kg
2. 1/2 ember air bersih
3. Kapur bangunan (yang biasa ada di toko bangunan)

Tahap pertama, campurkan tepung terigu dan air bersih sedikit demi sedikit hingga membentuk sebuah adonan (seperti lilin mainan) kemudian uleni hingga bahan campuran tadi sampai benar benar kenyal. Usahakan jangan terlalu banyak air dalam bahan tersebut karena akan mengurangi daya kenyal dari adonan tersebut.

Tahap kedua masukkan campuran adonan (tahap pertama) tadi  kedalam 1/2 ember air, sambil aduk dan uleni adonan hingga air berubah warna menjadi putih, terluslah lakukan pemijatan adonan didalam air sampai menemukan titik kenyal dari adonan. Titik kenyal adonan tidak akan larut diair, titik kenyal ini seperti karet mentah yang agak lengket. Tujuan dicelupkan keair adalah agar terpisah antara zat tepung dan zal kenyal dari lem.

Tahap ketiga : setelah jadi dengan mendapatkan adonan yang telah kenyal seperti karet, angkat adonan tersebut, kemudian peras hingga airnya dalam adonan hilang. Lalu taburkan bubuk kapur secukupnya pada adonan, pijat pijat dan uleni kembali sampai adonan menjadi cair dan lengket seperti lem. Kemudian setelah menjadi seperti lem anda bisa memakai lem tersebut untuk merekatkan kayu / lem kayu. Lama pengeringan lem ini kurang lebih 6 jam namun mempunyai daya rekat yang sangat kuat.

Kesimpulan Jangan terlalu banyak air

Kapur bangunan dalam dalam pertama, campur tepung terigu dengan air sedikit demi sedikit sampai membentuk sebuah adonan terus uleni hingga adonan benar benar kenyal.

Air jangan terlalu banyak karena akan mengurangi daya kenyal dari adonan tersebut. Tahap kedua masukkan adonan kedalam 1/2 ember air sambil uleni adonan hingga air berubah warna menjadi putih, terluslah lakukan pemijatan adonan didalam air sampai menemukan titik kenyal dari adonan.

Incoming search terms:

cara membuat lem kayu (596)|cara membuat lem kayu cepat kering (174)|cara membuat lem kayu yang kuat (138)|Membuat lem kayu (102)|cara membuat lem kayu sederhana (89)|cara membuat lem (81)|bahan lem kayu (63)|cara membuat lem kayu sendiri (50)|cara buat lem kayu (40)|cara membuat lem kayu alami (39)|

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!